FIKES UMP Field Trip ke Bali

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FIKES UMP) terus tingkatkan pengalaman civitas akademikanya melalui berbagai kegiatan ilmah. Hal inilah yang ditekankan oleh Dekan FIKES UMP, Drs. H. Ikhsan Mujahid, MSi ketika melepas 117 mahasiswa semester akhir S1 Keperawatan dan semester 4 D3 Kebidanan untuk melakukan field trip ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, Bali, Kamis (26/5).

 

 

Ikhsan memastikan, kegiatan perkuliahan mahasiswa FIKES UMP tidak hanya di dalam kelas tetapi juga kunjungan ke berbagai instansi terkait. Ada beberapa mata kuliah yang membutuhkan penglaman langsung dari lapangan seperti mata kuliah keperawatan paliatif, kegawatdaruratan jantung dan pembuluh darah serta kegawatdaruratan maternal neonatal. Ini juga yang mendasari Ikhsan untuk melakukan kunjungan ke RSUP Sanglah, karena RS ini telah berstandarInternational yang melayani pasien warga negara asing dengan cukup banyak kasus paliatif dan kegawatdaruratan jantung yang variatif.Harapannya mahasiswa tidak asing lagi ketika harus berhadapan dengan pasien yang bukan warga negara Indonesia. “Dengan pengalaman yang banyak, nantinya mereka akan lebih siap ketika para lulusan bekerja di luar negeri, apalagi dengan adanya MEA sudah pasti pasar kerja menuntut tenaga ahli yang siap bersaing,” katanya.

 

Di RSUP Sanglah, selain melihat langsung kegiatan pelayanan kesehatan yang ada, rombongan juga mendapatkan materi langsung dari ahli terkait. Mahasiswa keperawatan mendapatkan materi tentang pelayanan jantung terpadu dari Prof. Dr. dr. I Wayan Wita, Sp.JP.(K)., dan materimodalitas kerjasama perawatan paliatif bersama dr. Anna Marita Gelgel, Sp.S. Sedangkan mahasiswa kebidanan mendengarkan langsung paparan dari dr. I Made Kardana, Sp.A(K) tentang asfiksia dan resusitasi bayi baru lahir dan materi kegawatdaruratan di bidang obstetri dari dr. Kade Yudi Saspriyana, M.Biomed, Sp.OG. Di akhir kunjungan mahasiswa diberikan kesempatan untuk melihat UGD, ruang khusus perawatan jantung dan ruang-ruang di bidang kebidanan. 

Hubungi Kami

Program Studi D3 Kebidanan 

FAKULTAS ILMU KESEHATAN
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Letjen Soepardjo Roestam Km. 7 PO Box 229
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 6844252
Fax  : (0281) 6844253
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.