Tujuan dan Sasaran

Tujuan Program Studi

 

1. Menjadi lembaga pendidikan kebidanan yang mampu menghasilkan bidan yang memiliki keunggulan penanganan awal kegawatdaruratan maternal dan neonatal  berdasarkan evidence based 
2. Memajukan ilmu pengetahuan dan seni kebidanan melalui penelitian dan  publikasi karya ilmiah 
3. Memajukan kegiatan pengabdian masyarakat dan  publikasi karya ilmiah 
4. Menghasilkan bidan yang berperilaku profesional, beretika, bermoral, serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktik kebidanan dan mengaktualisasikan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam dalam menjalankan profesinya.



Sasaran dan Strategi Pencapaian

Program studi kebidanan menetapkan sasaran utama sesuai dengan Rencana Induk Pengembangan (RIP) 2011-2031. RIP dibagi kedalam 4 periode Rencana Strategis (RENSTRA) 4 tahunan, RENSTRA 4 tahunan dibagi kedalam 4 periode Rencana Operasinal (RENOP).Sasaran dan strategi tersebut ditetapkan untuk menjamin keberlangsungan dan kesinambungan program pengembangan yang telah dilaksanakan pada periode sebelumnya.
Sasaran dan strategi pencapaian visi, misi dan tujuan Program Studi Kebidanan DIII diharapkan tercapai pada tahun 2023. Pencapaian visi, misi, tujuan, dan sasaran dilakukan melalui 3 (tiga) tahapan, yang disesuaikan dengan periode kepemimpinan ketua program studi. Tahapan untuk mencapai visi tersebut adalah sebagai berikut:
1. Periode 2011 - 2015 : menjadi program studi yang memiliki penguatan dalam manajemen organisasi
2. Periode 2015 - 2019 : menjadi program studi yang memiliki keunggulan dalam pembelajaran (excellent teaching) menuju era global
3. Periode 2019 - 2023 : menjadi program studi yang berdaya saing Nasional
Sasaran dan strategi tersebut ditetapkan untuk menjamin kesinambungan Program Pengembangan Fakultas dan Program Studi Kebidanan D III disamping itu juga untuk menyempurnakan sasaran dan strategi yang telah dijalankan empat tahun terakhir. Uraian lengkap strategi pencapaian sasaran Program Studi Kebidanan DIII FIKES tertuang dalam dokumen RENSTRA dan RENOP Program Studi Kebidanan DIII tahun 2011 - 2015.
Sasaran dan strategi disusun berdasarkan analisis SWOT yang telah dilakukan yaitu dalam bidang pendidikan, bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, bidang organisasi dan SDM, bidang sarana dan prasarana, bidang tekhnologi informasi, bidang keuangan, bidang kemahasiswaan dan alumni, bidang pengembangan dan kerjasama, dan bidang penjaminan mutu. 

 

Hubungi Kami

Program Studi D3 Kebidanan 

FAKULTAS ILMU KESEHATAN
Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Jl. Letjen Soepardjo Roestam Km. 7 PO Box 229
Purwokerto 53182
Kembaran, Banyumas
Telp : (0281) 6844252
Fax  : (0281) 6844253
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.